Badan Pemberdayaan Perempuan dan Masyarakat

Daerah Istimewa Yogyakarta

Berita

Pelaksanaan Evaluasi Posyandu Tingkat DIY

Yogykarta, BPPM - Posyandu merupakan salah satu bentuk upaya kesehatan bersumber daya masyarakat yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat. Upaya kesehatan bersumber daya masyarakat ini merupakan wahana pemberdayaan masyarakat yang dibentuk atas dasar kebutuhan masyarakat, sehingga dalam pengelolaan yang melibatkan peran serta penuh masyarakat perlu pembinaan dan evaluasi bersama.

 

Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta melalui BPPM DIY telah melaksanakan Evaluasi Pengelolaan Posyandu pada tanggal 9 – 13 Oktober 2017. Adapun posyandu yang menjadi wakil dari Kabupaten/Kota adalah pemenang evaluasi tingkat Kabupaten/Kota, dan telah dibina secara intensif oleh OPD dan lembaga yang terlibat dalam pengelolaan posyandu.

Posyandu yang dievaluasi sebagai berikut :

  1. Tanggal 9 Oktober 2017 di Posyandu “Harapan”, Desa Gerbosari, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo.
  2. Tanggal 10 Oktober 2017 di Posyandu “Mekar”, Desa Ngawis, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul.
  3. Tanggal 11 Oktober 2017 di Posyandu “Gotro”, Desa Trimurti, Kecamatan Srandakan, Kabupaten bantul.
  4. Tanggal 12 Oktober 2017 di Posyandu “Temu Ireng XIV” di Kelurahan Sorosutan, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta.
  5. Tanggal 13 Oktober 2017 di Posyandu “Lestari”, Desa Sendangarum, Kecamatan Minggir, Kabupaten Sleman.

 

Evaluasi yang dilaksanakan bukan hanya sekedar lomba antar posyandu, tetapi merupakan salah satu metode dalam membina, memonitoring, mengevaluasi, melatih kader, mendampingi posyandu yang terintegrasi, membina posyandu percontohan, meningkatkan peran forum posyandu, serta meningkatkan strata posyandu.

Harapan yang didapat dari evaluasi ini adalah teroptimalisasikannya fungsi posyandu sebagai UKBM dan juga dalam rangka mendukung program posyandu terintegrasi sesuai Permendagri Nomor 19 Tahun 2011. (RN)

DIY Raih Empat Penghargaan di Jambore Nasional PKK 2017

 

TP PKK DIY kembali mengukir prestasi. Berhasil meraih penghargaan Pakarti Utama I Lomba UPPKS kategori kabupaten yang diwakili oleh TP PKK Desa Panggungharjo, Sewon, Bantul, penghargaan Pakarti Utama III Lomba PKDRT kategori kabupaten yang diwakili oleh TP PKK Desa Banyuraden, Gamping, Sleman, penghargaan Pakarti Madya II Lomba Tertib Administrasi kategori kota yang diberikan kepada TP PKK Kelurahan Rejowinangun, Kotagede, Kota Yogyakarta, dan Harapan II Lomba Defile Parade Nusantara kategori Kreatifitas Tim.

 

Wakil Ketua I TP PKK DIY BRAy. A. Pakualam pun mengapresiasi keberhasilan tersebut. Menurutnya, keberhasilan ini menunjukkan bahwa TP PKK DIY semakin mampu bersaing dengan banyak daerah lain. Keempat penghargaan itu disampaikan saat penutupan HKG dan Jambore Nasional PKK 2017 di Hotel Mercure Ancol, Jakarta Utara, tanggal 3 Oktober 2017.

 

Kegiatan Jambore Nasional PKK ini dibuka oleh Presiden Joko Widodo, dalam sambutannya Presiden Jokowi meminta ibu-ibu PKK untuk menjadi penyejuk di masyarakat. Tema yang diusung dalam Jambore Nasional PKK 2017 ini adalah Budaya Hidup Sehat dengan Kesadaran Deteksi Dini Kanker pada perempuan untuk Mewujudkan Keluarga Indonesia Sejahtera. (Reni)

Undangan Pelatihan Pratugas PLD

Dokumen yang berkaitan dengan Undangan Pelatihan Pratugas PLD dapat diunduh disini


Harap segera menyampaikan Lembar Konfirmasi Peserta melalui email satkerp3mdjogja@gmail.com paling lambat Hari Jumat, 29 September 2017 Pukul 11.00 WIB.

Desa Selopamioro mendapatkan bantuan pengembangan agrowisata

 

Yogyakarta, BPPM - Daerah Istimewa Yogyakarta mendapatkan bantuan pengembangan agrowisata untuk desa Selopamioro, Kec. Imogiri, Kab. Bantul dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia dalam rangkaian acara gelar nasional Teknologi Tepat Guna (TTG) ke-19 tahun 2017 di Palu, Sulawesi Tengah. (JNS)

PENGUMUMAN HASIL AKHIR SELEKSI TPP DIY TA 2017

Pengumuman Hasil Akhir Seleksi Tenaga Pendamping Profesional P3MD DIY TA 2017

 

link download

 

Informasi lebih lanjut :
Sekretariat Satker P3MD D.I.Yogyakarta
Badan Pemberdayaan Perempuan dan Masyarakat (BPPM) D.I.Yogyakarta
Jalan Raden Ronggo II No.31, Prenggan, Kotagede, Yogyakarta

E-mail : satkerp3mdjogja@gmail.com
Telp : 0274 - 587055

 

Info lainnya...