Badan Pemberdayaan Perempuan dan Masyarakat

Daerah Istimewa Yogyakarta

Pendampingan Desa Prima Tahun 2017

alt

  Yogyakarta, BPPM - Badan Pemberdayaan Perempuan dan Masyarakat melalui Kegiatan Pendampingan Desa atau Desa Perempuan Indonesia Maju Mandiri (Prima). Desa Prima adalah sebuah desa percontohan yang bertujuan untuk menanggulangi kemiskinan sekaligus meningkatkan ekonomi perempuan dengan memanfaatkan semua potensi yang ada dengan  melibatkan segenap peran lintas sektoral terkait. Sesuai dengan program sektornya masing-masing. Desa ini melakukan pembinaan pada peningkatan ekonomi keluarga. Sasarannya mengotimalkan peran perempuan atau kaum ibu di desa.

  Sasaran Desa Prima yaitu Perempuan dari Keluarga kurang mampu, agar supaya mengalami peningkatan dalam bidang perekonomian. Sasaran pendampingan lebih tepatnya adalah para perempuan yang memang pada dasarnya sudah mempunyai usaha namun masih dalam sektor kecil, sehingga dengan adanya Program Desa Prima diharapkan dapat mempercepat pertumbuhan usaha yang sudah dijalankan. Tujuan Desa Prima ;

a.  Umum :

mewujudkan perempuan Indonesia yang maju mandiri di bidang ekonomi melalui pembangunan kegiatan ekonomi produktif untuk mendukung terciptanya kondisi kehidupan yang lebih sehat dan sejahtera baik dilingkungan keluarga, masyarakat maupun bangsa.

b.  Khusus :

a)  Meningkatkan Kapasitas SDM perempuan Indonesia di bidang ekonomi sehingga mampu meningkatkan konstribusi dan keikutsertaanya dalam pelaksanaan pembangunan ekonomi dan pembangunan diberbagai sektor kehidupan lainnya.

b)  Membuka dan meperluas kesempatan bagi kaum perempuan untuk mengembangkan potensi dirinya serta meningkatkan kesejahteraan hidup melalui pengembangan dan penguatan aktivitas ekonomi produktif.

c) Memperkuat peran/posisi tawar (bergening

position) kaum perempuan dalam mengakses informasi dan sumber daya ekonomi,
permodalan, perbankan, pemasaran, dan pasar.

Untuk Tahun 2017 BPPM melakukan pendampingan di 10 lokasi

No

Calon Lokasi Ds. PRIMA

Hari/Tanggal

1

Ds. Ngalang, Gedangsari, Gunungkidul

27 Februari 2017

2

Ds. Kedungpoh, Nglipar, Gunungkidul

28 Februari 2017

3

Ds. Terong, Dlinggo, Bantul

1 Maret 2017

4

Ds, jetis, Saptosari, Gunungkidul

2 Maret 2017

5

Ds. Patalan, Jetis, Bantul

6 Maret 2017

6

Ds. Watusigar, Ngawen, Gunungkidul

7 Maret 2017

7

Ds. Semin, Semin, Gunungkidul

8 Maret 2017

8

Ds. Kaliagung, Sentolo, Kulon Progo

9 Maret 2017

9

Ds. Wukirsari, Imogiri, Bantul

10 Maret 2017

10

Ds. Kalirejo, Kokap, Kulon Progo

14 Maret 2017