Badan Pemberdayaan Perempuan dan Masyarakat

Daerah Istimewa Yogyakarta

Berita

Kegiatan Pembinaan Kelompok Masyarakat Desa melalui Model Global Gotong Royong (G2R)

 

Yogyakarta, BPPM - Global Gotong Royong (G2R) merupakan konsep pemberdayaan masyarakat di bidang ekonomi yang metransformasikan budaya gotong royonh di bidang ekonomi. BPPM DIY telah melakukan TOT Tokoh Kunci Kegiatan Pembinaan Kelompok Masyarakat melalui Model G2R di Desa Girirejo dan Wukirsari, Imogiri, Bantul.

 

Pembukaan acara TOT Tokoh Kunci Kegiatan Pembinaan Kelompok Masyarakat melalui Model G2R dihadiri oleh dr. RA Arida Oetami M.Kes (Kepala BPPM DIY), Assoc. Prof. Rika Fatimah P.L., Ph.D (Dosen FEB UGM) serta para perangkat desa dan tokoh masyarakat Desa Girirejo dan Wukirsari.

 

Melalui G2R Tetrapreneur menjadikan terciptanya gerakan wirausaha berkelanjutan berbasis empat pilar, yaitu rantai wirausaha, pasar wirausaha, kualitas wirausaha serta merk wirausaha. Selain itu, lewat G2R Tetrapreneur menjadikan gotong royong sebagai gerakan berkelanjutan, mandiri, bernialai jual menjanjikan dan desa mempunyai keunggulan bersaing. Model Tetrapreneur akan menguatkan potensi wirausaha dan gerakan inovasi desa wirausaha. Salah satunya melaui badan usaha milik desa (BUMDes).

 

 

Sumber : Radar Jogja

Pembukaan Kegiatan TMMD Tahun Anggaran 2018

 

Yogyakarta, BPPM- Dilaksanakan serentak di 4 Kabupaten dan 1 Kota, TNI Manunggal Membangun Desa atau yang lebih dikenal dengan TMMD dibuka pada hari Rabu, 4 April 2018. TMMD kali ini mengangkat tema “TNI Manunggal Rakyat Membangun Karakter dan Kemandirian Bangsa”. Merupakan pelaksanaan TMMD Regular ke 101 dan TMMD Sengkuyung Tahap I. Sebagaimana yang disampaikan dalam amanat Gubernur DIY dalam upacara pembukaan, TMMD merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI, Polri, Kementerian/Lembaga Pemerintah Non Kementerian dan Pemerintah Daerah serta komponen bangsa lainnya yang dilaksanakan secara terintegrasi bersama dengan masyarakat guna meningkatkan akselerasi kegiatan pembangunan di beberapa daerah tertinggal dan yang terkena bencana. Untuk mendukung kegiatan ini masyarakat diminta untuk menumbuhkan semangat kebersamaan, gotongroyong dan rasa kekeluargaan serta partisipasi aktif masyarakat dalam pembangunan daerah sehingga tercapai jiwa persatuan dan kesatuan yang kokoh kuat serta terwujudnya kemanunggalan TNI dan Rakyat.

 

Adapun lokasi sasaran TMMD Tahap I di DIY adalah :

  1. TMMD Reguler di Kelurahan Pandeyan, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta.
  2. TMMD Sengkuyung di Desa Trimulyo, Kecamatan Sleman, Kabupaten Sleman.
  3. TMMD Sengkuyung di Desa Srimartani, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul.
  4. TMMD Sengkuyung di Desa Sidorejo, Kecamatan Lendah, Kabupaten Kulon Progo.
  5. TMMD Sengkuyung di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul.

Berikut lokasi sasaran TMMD Tahap II di DIY adalah :

  1. Kelurahan Pakuncen, Kecamatan Wirobrajan, Kota Yogyakarta.
  2. Gandok Sempu Desa Wedomartani, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman.
  3. Desa Argosari, Kecamatan Sedayu, Kabupaten Bantul.
  4. Desa Sawahan, Kecamatan Ponjong, Kabupaten Gunungkidul.
  5. Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo.

-(RN)-

Pengumuman Kegiatan Perlombaan Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Tahun 2018

Formulir terkait lomba desa dan kelurahan tingkat provinsi tahun 2018 dapat diunduh : disini

Informasi PPRG kepada Kementrian Timor Leste

 

Yogyakarta, BPPM - Penjelasan tentang Perencanaan Penganggaran Responsif Gender (PPRG) oleh RA. Arida Oetami, M.Kes Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Masyarakat DIY kepada beberapa Kementrian dari Timor Leste di Hotel University Club Yogyakarta. (JNS)

Penyerahan Molin dan Torlin kepada P2TPAKK "Rekso Dyah Utami"

Yogyakarta, BPPM – Jumat, 05 Januari 2017 bertempat di Kantor Badan Pemberdayaan Perempuan dan Masyarakat DIY, Jl. Tentara Rakyat Mataram Nomor 31, Jetis, Kota Yogyakarta dilakukan serah terima 1 unit Mobil dan 2 Unit Motor dari Kementrian Perlindungan Perempuan dan Anak dalam rangka kelancaran tugas di P2TPAKK “Rekso Dyah Utami”. Acara serah terima tersebut dihadiri oleh Kepala BPPM DIY, dr. Arida Oetami, M.Kes serta Direktur P2TPAKK “Rekso Dyah Utami”, GKR Condrokirono.

 

Sebelum penyerahan tersebut telah dilakukan pemeriksaan kelengkapan kendaraan oleh bengkel Daihatsu dari PT. Astra Internasional yang disaksikan oleh kasubbid Kualias Hidup Perlindungan Perempuan BPPM DIY.

 

Kemudian dilakukan penandatangan Berita Acara yang dilanjutkan penyerahan kunci kendaraan dari Kepala BPPM DIY kepala Direktur P2TPAKK “Rekso Dyah Utami”. (JNS)

 

More Articles...