Badan Pemberdayaan Perempuan dan Masyarakat

Daerah Istimewa Yogyakarta

Berita

DIY Raih Penghargaan PKKKBKes dan LBS Pada Peringatan Harganas di Lampung

Yogykarta, BPPM - Hari Keluarga Nasional atau yang lebih dikenal dengan HARGANAS diikuti oleh lintas sektor perwakilan provinsi seluruh Indonesia yang terdiri dari PMD, OPDKB Provinsi/Kabupaten/Kota, serta mitra terkait Provinsi/Kabupaten/Kota. Tema Harganas 2017 yaitu “Dengan Hari Keluarga Nasional Kita Bangun Karakter Bangsa Melalui Keluarga Yang Berketahanan” dengan pesan inti “Keluarga Berketahanan dan Indonesia Sejahtera”.

 

Salah satu rangkaian acara Harganas adalah penyerahan hadiah lomba PKK, yang dilaksanakan pada tanggal 14 Juli 2017 di Halaman Gedung Sumpah Pemuda PKOR Way Halim Bandar Lampung. Dalam lomba tingkat nasional ini, Provinsi DIY meraih dua penghargaan yaitu Juara Pakarti Madya I Lomba Kesatuan Gerak PKKKBKes yang diwakili oleh Desa Merdikorejo, kecamatan Tempel, Kabupaten Sleman dan Juara Pakarti Madya I Lomba Lingkungan Bersih Sehat (LBS) yang diwakili oleh Kelurahan Pringgokusuman, Kecamatan Gedongtengen, Kota Yogyakarta.

 

Hadiah berupa piala dan piagam penghargaan diserahkan langsung oleh Ketua Umum TP PKK Pusat dr. Erni Guntarti Tjahjo Kumolo. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan “Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke XXIV di Bandar Lampung, merupakan salah satu momentum kebangkitan perekonomian, selain itu peringatan ini bisa menjadi wadah dalam membentuk keluarga yang berketahanan, berkarakter, bahagia dan sejahtera”. (Reni)

Rangkaian Kegiatan Hari Anak Nasional tahun 2017

Yogyakarta, BPPM - Dalam rangka Hari Anak Nasional yang diperingati setiap tanggal 23 Juli Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta melalui Badan Pemberdayaan Perempuan dan Masyarakat (BPPM) Daerah Istimewa Yogyakarta menyelenggarakan berbagai kegiatan dengan mengusung tema "Berkarya Melintas Batas" yang bekerja sama dengan Forum Anak Daerah (FAD) Daerah Istimewa Yogyakarta serta SKPD terkait. Adapun serangkaian acara Peringatan Hari Anak Nasional, yaitu :

1. Pameran Kreativitas Anak/Stand Pameran, yang dilaksanakan pada :

Hari/ Tanggal  : Jumat - Minggu, 14 s/d 16 Juli 2017

Waktu             : 08.00 – 21.00 WIB

Tempat            : Outdoor Taman Budaya Yogyakarta

 

2. Talkshow "Pemenuhan Hak Anak" yang dilaksanakan pada :

Hari/ Tanggal  : Jumat, 14 Juli 2017

Waktu             : 08.00 – 17.00 WIB

Tempat            : Ruang Seminar Taman Budaya Yogyakarta

 

3. Talkshow "Perkembangan Anak Remaja" yang dilaksanakan pada :

Hari/ Tanggal  : Sabtu, 15 Juli 2017

Waktu             : 08.00 – 17.00 WIB

Tempat            : Ruang Seminar Taman Budaya Yogyakarta

 

4. Festival Among Bocah yang dilaksanakan pada :

Hari/ Tanggal  : Sabtu, 15 Juli 2017

Waktu             : 08.00 – 17.00 WIB

Tempat            : Panggung Seni Taman Budaya Yogyakarta

 

5. Puncak Acara pada :

Hari/ Tanggal  : Sabtu, 15 Juli 2017

Waktu             : 08.00 – 17.00 WIB

Tempat            : Ruang Seminar Taman Budaya Yogyakarta

Klarifikasi lapangan di Desa Sendangsari Pada Lomba Desa Tingkat Regional II area Jawa dan Bali

 

Yogyakarta, BPPM - Juara pertama dalam Lomba Desa Tingkat DIY 2017 berhasil diraih Desa Sendangsari, Kecamatan Pengasih, Kulonprogo. Sendangsari kemudian mewakili DIY dalam Lomba Desa Tingkat Regional II. Desa Sendangsari masuk lima besar dari tujuh propinsi yang ada di Regional II, yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Banten, DIY, DKI dan Bali.


Tim Klarifikasi Lapangan yang dipimpin oleh Kepala Subdit Evaluasi Perkembangan Desa Wilayah II Dirjen Bina Pemdes Kemendagri, Ibu Ratna Andriani,SH. Tim Klarifikasi Lapangan diterima langsung oleh Bupati Kulon Progo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K). (JNS)

 

sumber berita : Harian Jogja, Pemerintah Kabupaten Kulonprogo



 

PEMBUKAAN TMMD REGULER KE-99 di Dusun Selopamioro

Yogyakarta, BPPM – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) merupakan perwujudan tugas pokok TNI untuk membantu pemerintah yang diatur dalam UU RI No. 34 tahun 2004. TMMD Reguler Ke-99 mengusung tema "DENGAN SEMANGAT KE MANUNGGALAN TNI DAN RAKYAT KITA PERCEPAT PEMBANGUNAN DI DAERAH GUNA MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DALAM MENJAGA KEUTUHAN WILAYAH NKRI' diharapkan akan memperlancar transportasi di Desa Selopamioro, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Selopamioro dan di Wilayah Kecamatan Imogiri.

 

Upacara pembukaan TMMD Reguler Ke-99 dilaksanakan pada Selasa, 04 Juli 2017 di Lapangan Selopamioro, Dusun Selopamioro, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul.

Pembukaan TMMD ini dipimpin langsung oleh Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Paduka Paku Alam Ke X. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa “TMMD telah memberikan manfaat besar bagi pengingkatan kesejahteraan masyarakat yang dilaksanakan secara terpadu dengan program pembangunan di daerah yang melibatkan masyarakat dalam pemberdayaan sekaligus menciptakan ketahanan wilayah demi keutuhan NKRI.”

“Dengan semangat kemanunggalan TNI dan Rakyat, Kita percepat pembagunan di daerah guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Buktikan kekuatan gotong royong kita, TNI, POLRI, Pemda dan masyarakat sebagai perwujudan salah satu wahana untuk memelihara budaya bangsa”.

Pembukaan TMMD Reguler ke-99 ini dihadiri oleh Kasdam Daerah Istimewa Yogyakarta, Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan Daerah Istimewa Yogyakarta, Bupati Bantul, Dandim Bantul, Kepala OPD terkait Kabupaten Bantul, Camat se-Kabupaten Bantul, Kepala OPD di seluruh Kecamatan Imogiri, Lurah Desa se-Kecamatan Imogiri.  Serta Pasukan yang terdiri dari TNI,Polri, Linmas, Pol.PP kabupaten Bantul, Pramuka serta Siswa SMA/SMK di Kecamatan Imogiri.

 

Sementara Letnan Kolonel Inf. Agus Widianto selaku Dansatgas TMMD Reguler ke-99 mengatakan, pembangunan fisik pada TMMD Reguler Tahun 2017 ini, diarahkan pada pembangunan jalan, jembatan serta gorong-gorong. Serta pembangunan non fisik berupa Administrasi Kependudukan, Kesehatan Masyarakat, Bela Negara, Penanganan Narkoba dan HIV AIDS, Kesehatan Reproduksi Remaja, Pengelolaan Sampah, Pembudidayaan Ikan dan Tertib Lalu Lintas. (JNS)

 

Jambore PKK Tingkat DIY Tahun 2017

Yogyakarta, BPPM - Jambore Kader PKK menjadi salah satu sarana untuk menjaga semangat kerja para kader PKK. Di dalam jambore yang mengutamakan pola kebersamaan yang didasari saling asah, asih dan asuh akan dapat menguatkan koordinasi dan mobilisasi para kader. Keaktiftifan para kader PKK akan sangat menetukan keberhasilan gerakan PKK yang tertuang dalam 10 program pokok PKK.

 

Jambore PKK Tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta tahun 2017 ini dilaksanakan pada tanggal 9-10 Mei 2017 bertempat di Villa Eden I Kaliurang Yogykarta. Jambore PKK pada tahun ini mengambil tema "Mewujudkan Keluarga Sejahtera Melalui Kerja Keras dan Kreatif" yang diikuti oleh 150 peserta, meliputi kader PKK kabupaten/Kota, pendamping dari OPD, pendamping dari TP PKK Kabupaten/Kota dan TP PKK Daerah Istimewa Yogyakarta. Terdapat 0.67% peserta jambore PKK adalah laki-laki.

 

Tujuan dari Jambore PKK yaitu :

1. Meningkatkan kapasitas kader PKK dalam memahami tugas dan fungsinya.

2. Meningkatkan motivasi dan semangat kerja kader PKK selaku pekerja sukarela yang memiliki peran strategis dalam peningkatan kualitas hidup wanita dalam keluarga masyarakat.

3. Menjaring respresentatif  kader PKK berpertasi untuk mengikuti kejuaraan tingkat nasional.