Badan Pemberdayaan Perempuan dan Masyarakat

Daerah Istimewa Yogyakarta

Forum Anak Daerah Istimewa Yogyakarta Menuju Pilot Project

Yogyakarta, BPPM- Hari Minggu 4 Maret 2012 menjadi sangat berkesan bagi para anggota Forum Anak Provinsi dan Forum Anak kota/kabupaten di DIY antara lain FAKTA (Forum Anak Kota Yogyakarta), FONABA (Forum Anak Bantul), FORANS (Forum Anak Sleman), FAGK (Forum Anak Gunung Kidul), dan FAKP (Forum Anak Kulon Progo). Kepala Bidang Data dan Analisis Partisipasi Anak, Ismangil, dan timnya mengunjugi sekretariat FAD yang terletak di jalan Tentara Rakyat Mataram 31 Yogyakarta.

Kunjungan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPA) ini sesuai dengan tugas pokok dan fungsi KPPA yang terkait dengan perempuan dan anak. Dalam kunjungan ini disampaikan oleh Ismangil, bahwa Forum Anak Daerah DIY akan dijadikan sebagai pilot project yang artinya akan menjadi contoh bagi forum anak di daerah lain di Indonesia. FAD dapat dikatakan selangkah lebih maju dibandingkan forum anak yang lain, ini tidak lepas dari dukungan yang diberikan oleh Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak setempat. Meski begitu, KPPA menginginkan peningkatan yang nyata dari FAD DIY dan harus menunjukkan keseriusannya namun tetap tidak melupakan tugasnya sebagai pelajar yakni belajar dengan sungguh-sungguh.

Acara kunjugan dan fasilitasi forum anak ini dilakukan untuk menunjukkan kepedulian pemerintah terhadap anak pada umumnya dan untuk lebih mengoptimalisasikan kinerja forum anak itu sendiri. Diharapkan setelah adanya kunjugan ini FAD DIY dapat semakin menunjukkan kiprahnya, program kerjanya dapat berjalan dengan lancar, dan pendamping serta pemerintah dapat terus mendorong dan memotivasi anak untuk terus berkarya dan berkreativitas. Pada kesempatan ini anak-anak juga berdiskusi mengenai mural dinding sekitar sekretariat agar terlihat ramah anak. Rencananya dinding yang semula polos ini akan disulp menjadi dinding dengan penuh gambar hasil kreativitas anak yang berisi menyuarakan hak anak.

Acara yang dihadiri oleh KPPA, Badan Pemberdayaan Perempuan dan Masyarakat (BPPM), Lembaga Perlindungan Anak (LPA), SOS, FAD DIY serta FA kabupaten/kota se-DIY ini berlangsung dengan sangat menarik karena diselingi dengan menyanyikan lagu-lagu baik kebangsaan maupun lagu daerah. FAD DIY beserta seluruh FA kabupaten/kota melakukan presentasi mengenai profil FA masing-masing, program kerja FA, hambatan serta harapan untuk kedepannya. Semuanya dikemas dalam presentasi yang ‘ala’ anak namun mengagumkan.

Pada penghujung acara, Ismangil memberikan fasilitasi berupa dana pembinaan kepada FAD DIY yang nantinya akan digunakan untuk berbenah sehingga kedepannya FAD DIY benar-benar layak untuk dijadikan pilot project dan percontohan bagi seluruh forum anak di Indonesia. Kedatangan beliau beserta tim semakin memotivasi FAD DIY untuk semakin maju dan solid serta semakin memberikan tantangan kepada FAD DIY untuk membuktikan bahwa Yogyakarta mempunyai anak-anak yang benar-benar istimewa